Beranda > Terapi Herbal / Tanaman > Tanaman Brotowali Untuk Obat Diabetes

Tanaman Brotowali Untuk Obat Diabetes

Tanaman Brotowali Untuk Obat Diabetes.

Nama ilmiah tanaman Brotowali adalah Tinospora Crispa L. Miers, sedangkan nama di daerah lainnya antara lain : Batrawali ( Sunda ) atau Brotowali ( jawa ).

Uraian Tanaman :

Tanaman Brotowali / Batrawali ini tumbuh subur dan liar dihutan dan diladang, namun kebanyakan sekarang sengaja ditanam orang sebagai bahan tanaman obat. Brotowali termasuk pada tanaman perdu yang menyukai tempat panas, tumbuh memanjat / merambat dengan tinggi bisa mencapai 2,5 meter.

Bentuk daun, batang, bunga dan Perbanyakan Tanaman

Daunnya tunggal, bertangkai, bentuk seperti jantung atau bundar telur berujung lancip dengan panjang 7 – 12 cm, dan lebar 5 -10 cm. Batangnya sebesar kelingking, dan terlihat berbintil-bintil rapat sedangkan rasanya sangat pahit sekali Bunganya kecil-kecil berwarna hijau muda berbentuk tandan semu. Pernbanyakkan tanaman bisa dengan cara stek.

Komposisi Kimia Tanaman Brotowali :

Antara lain mengandung Alkaloid, Damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, pikroretin, harsa, berberin, dan palmatin, akar mengandung alkaloid berberin dan kolumbin.

Beberapa Khasiat Tanaman Borotowali, antara lain :

1. Untuk Obat Rheumatik dan Demam Kuning ( Icteric ): Ambil Satu jari batang Brotowali sekitar 20 cm dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas setelah dingin disaring dan diminum. Minum 3 x ½ gelas sehari bisa ditambahkan madu secukupnya.

2. Untuk Kencing Manis : potong-potong sekitar 10 cm batang brotowali kemudian ditambah dengan ½ genggam daun sambiloto dan ½ gengam daun kumis kucing, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, minum setelah makan, sehari 2 x 1 gelas.

3. Untuk Kudis ( scabies ) : Ambil tiga jari batang Brotowali, kemudian ambil Belerang sebesar kemiri, keduanya dicampur dicuci dan ditumbuk selanjutnya campurkan dengan dengan minyak kelapa yang sudah dipanasi secukupnya diremas dan lumatkan pada kulit yang terkena kudis 2 X sehari.

4. Untuk Obat Luka : Daun Brotowali ditumbuk halus dan dibalurkan pada luka ( ganti 2 x sehari ) untuk mencuci luka, pakailah rebusan batang Brotowali.

Demikian beberapa khasiat dari tanaman Brotowali, yang bisa secara mudah kita dapatkan dilingkungan sekitar kita, atau kalau tak dijumpai juga bisa kita beli dipasar-pasar tradisonal terdekat. Mudah-mudahan bisa bermanfaat . Pemiwan.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: